Tugas Ilmu Budaya Dasar (IBD)

Kebudayaan apa yang dibanggakan oleh kita, apa alasannya dan contohnya ?

Saya membanggakan kebudayaan Jawa Tengah. Bukan karena saya orang Jawa. Tapi saya sangat suka hasil kebudayaan dari Jawa terutama Jawa Tengah. Contohnya batik, wayang kulit/wayang orang, keris, gamelan, dan masih banyak lagi. Belum lagi tari-tariannya contohnya golek, gambyong, serimpi, dan lain-lain. Dan yang saya suka adalah makanan dari Jawa tengah. Saya suka makanan gudeg, krecek, lumpia, bakpia, wingko, dan masih banyak lagi. Itu alasannya kenapa saya suka kebudayaan dari Jawa Tengah. Seperti batik yang sekarang wajib kita pakai setiap hari Jum’at untuk memperingati hari batik yang di syahkan oleh Pemerintah Indonesia dan PBB, dan anak-anak sekolah mulai dari Play Group, TK,SD, SMP, dan SMA. Mereka wajib memakai seragam batik. Walaupun hari yang yang ditetapkan berbeda-beda. Wayang kulit juga punya kebudayaan Indonesia. Tapi sayangnya banyak anak-anak yang tidak berminat untuk menonton pertunjukan wayang kulit. Mereka lebih baik menonton pertunjukan grup band, film, dan hal-hal yang sebenarnya tidak wajib ditonton. Tapi mereka antusias sekali untuk menonton pertunjukkan tersebut. Apa karena pertunjukan wayang kulit itu menggunakan bahasa Jawa dan jalan cerita yang kita tidak tahu. Makanya mereka tidak suka menonton pertunjukan wayang kulit. Padahal kalau setiap orang atau warga negara mempunyai rasa Cinta atas kebudayaan Indonesia. Kebudayaan kita tidak akan dicuri oleh negara-negara lain. Kita sebagai warga negara Indonesia harus ditanamkan rasa cinta kebudayaan negara tercinta kita yaitu negara Indonesia. Agar kebudayaan kita tetap di lestarikan dan di jaga. Agar tidak terulang kembali peristiwa yang sebelum-sebelumnya. Supaya Bangsa Indonesia tetap kaya akan kebudayaan yang dimilikinya.

date Selasa, 23 Februari 2010

0 komentar to “Tugas Ilmu Budaya Dasar”

Leave a Reply: